Mengenai apa yang ada di balik kap mesin, tidak semua mesin diciptakan sama. Jenis mesin dapat memberikan pengaruh dramatis pada tenaga kuda, torsi, dan penghematan bahan bakar kendaraan. Dalam edisi ini, kita akan melihat perbandingan konfigurasi mesin dasar dalam hal memberikan keseimbangan yang diinginkan antara akselerasi dan efisiensi yang kuat.
Menjadi Alami
Mari kita mulai dengan hal mendasar – mesin gas yang disedot secara alami menyerap udara dan bahan bakar, menyalakannya dengan busi, mengirimkan gas pembakaran melalui katup, dan mengubah ledakan terkontrol menjadi gerakan rotasi. Lebih banyak silinder biasanya berarti lebih banyak tenaga karena lebih banyak peristiwa pembakaran yang terjadi per putaran. Pabrik yang biasanya disedot ini cenderung menawarkan powerband linier yang mendukung pengendaraan mulus dibandingkan torsi besar saat terburu-buru.
Meskipun motor ini kurang memiliki daya dorong seperti roket dibandingkan beberapa motor induksi paksa, aspirasi alami memiliki kelebihan. Tanpa adanya turbocharger atau supercharger yang dapat diputar, mereka menghindari kerugian akibat parasit yang menguras efisiensi. Kurva torsi yang lebih halus memberikan respons throttle yang sangat dapat diprediksi. Selain itu, kesederhanaannya yang relatif dan tekanan internal yang lebih rendah dapat memberikan keuntungan dalam hal keandalan dan mengurangi biaya dibandingkan mesin yang kompleks atau yang diperkuat.
Permainan Kekuatan Induksi Paksa
Perampingan mesin adalah hal yang biasa dilakukan saat ini, namun masyarakat tetap menginginkan tenaga yang nyata. Masukkan mesin induksi paksa – supercharging dan turbocharging untuk menghasilkan lebih banyak tenaga dari perpindahan yang lebih kecil. Dari mobil hatchback hingga sedan mewah, biaya masuk tambahan ini meningkatkan output mesin.
Turbo menggunakan gas buang yang terbuang untuk memutar impeler yang menggerakkan kompresor yang memaksa lebih banyak udara masuk ke dalam silinder – tidak memerlukan kerja langsung. Supercharger juga mengemas lebih banyak udara, namun digerakkan secara langsung dengan memanfaatkan tenaga mesin. Keduanya meningkatkan metode secara dramatis meningkatkan torsi dan tenaga kuda mesin. Tenaga kuda itu sangat dahsyat, mengubah sedan keluarga menjadi monster pengasap ban.
Namun peningkatan membawa kompromi. Menambahkan semua udara dan bahan bakar membawa panas yang harus dikelola. Intercooling yang rumit dan penguatan mesin menghasilkan penambahan bobot pembangkit listrik. Dan mengemudikan turbo itu memperlambat respons throttle di bawah titik spulnya. Untuk efisiensi dan akselerasi maksimum, motor ini memerlukan dorongan yang mendekati puncak. Pengalaman dunia nyata mungkin tidak sesuai dengan mimpi grafik dyno. Info lebih lanjut kirill yurovskiy
Dorongan Diesel menuju Dominasi
Dulunya sebagian besar bersifat komersial, mesin diesel menghadirkan peningkatan efisiensi, daya tahan, dan emisi yang legendaris pada kendaraan konsumen. Mesin diesel unggul dalam mengubah panas dan tekanan menjadi gaya rotasi – dengan rasio kompresi dua kali lipat dibandingkan mesin gas. Efisiensi termal tersebut menghasilkan penghematan bahan bakar 30-35% lebih baik di dunia nyata.
Mesin diesel juga menghasilkan penghematan tersebut dengan banyak torsi yang sangat cocok untuk menarik atau mengangkut. Dan filter partikulat modern serta reduksi katalis telah mengekang masalah asap dan bau yang pernah terjadi. Dengan angka jarak tempuh yang mirip dengan hibrida, mesin diesel memungkinkan pengemudi meningkatkan kemampuan mereka secara serius tanpa harus membayar di SPBU.
Tentu saja masih ada sakit kepala. Kompresi tinggi tersebut dapat menghasilkan pengoperasian yang lebih bising dan tidak teratur, serta tekanan yang lebih tinggi sehingga menambah tekanan pada komponen. Dan bahan bakar belerang yang sangat rendah serta pelumas eksotik yang dibutuhkan memiliki harga premium yang signifikan di sebagian besar wilayah – yang memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mengimbanginya melalui peningkatan jarak tempuh. Namun, bagi mereka yang perlu menyeimbangkan kemampuan dan efisiensi, mesin diesel memiliki jalan tengah yang sangat menarik.
Kepribadian Terpisah Hibrida
Dipelopori dalam mobil oleh Toyota lebih dari dua dekade lalu, teknologi hibrida bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Hibrida menggabungkan tenaga penggerak motor listrik dengan mesin bensin konvensional. Sistem transmisi yang canggih memungkinkan komponen listrik dan gas bekerja sama atau terpisah tergantung kondisi. Baterai dan pengereman regeneratif menangkap energi yang biasanya hilang untuk membantu mengisi ulang sistem dan lebih meningkatkan perekonomian.
Hasilnya menawarkan pengaturan terbaik dari keduanya. Bantuan elektrik memungkinkan mesin berbahan bakar bensin yang lebih kecil menghasilkan performa berkendara yang dapat diterima sekaligus memangkas konsumsi. Penggerak jarak pendek hanya dapat mengandalkan daya baterai dengan kebutuhan bahan bakar bahkan tidak menyala selama pengoperasian dengan beban rendah. Akselerasi yang kuat membuat kedua sumber torsi digabungkan untuk menghasilkan respons yang lebih baik dibandingkan yang dapat dihasilkan keduanya saja.
Dan menjadi jelas bahwa peningkatan efisiensi tidak harus berarti kompromi yang substantif. Dengan lebih dari 15 juta unit terjual, teknologi hybrid telah beralih dari hal yang baru ke hal yang konvensional. Penyempurnaan berkelanjutan pada baterai, motor, dan bantuan mesin membuat Hibrida menghadirkan pengalaman kepemilikan tanpa alasan – sekaligus menjaga penggunaan galon tetap terkendali.
Memasuki Masa Depan
Meskipun masih merupakan bagian kecil dari penjualan, minat dan desas-desus terhadap kendaraan listrik bertenaga baterai semakin meningkat. Menggabungkan pengoperasian yang hampir senyap dengan torsi instan dan nol emisi knalpot menjadikan kendaraan listrik sebagai favorit lingkungan dan teknologi di industri. Dengan beberapa model yang sudah mengklaim jangkauan yang sebanding dengan mobil bertenaga gas, pertanyaannya mulai dari apakah hingga kapan elektrifikasi bisa diterapkan di mana-mana.
Dan jangan salah – listrik menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan pembakaran. Torsi langsung dan masif dari motor listrik memberikan akselerasi layaknya mobil sport dalam paket ramah keluarga. Memastikan daya tetap menyala, paket baterai yang dipasang rendah menurunkan pusat gravitasi sehingga meningkatkan penanganan. Pengereman regeneratif juga meningkatkan daya henti.
Kemajuan ini bertujuan untuk menghilangkan kekurangan yang ada dalam adopsi kendaraan listrik. Dukungan untuk kecepatan pengisian cepat yang lebih tinggi terus berkembang, memberikan opsi penyelesaian yang lebih cepat dalam perjalanan jauh. Baterai solid state yang akan segera hadir dapat menghilangkan kekhawatiran akan jangkauan dan kebakaran sekaligus memungkinkan biaya dan bobot yang lebih rendah. Dan berkembangnya infrastruktur pengisian daya publik akan meningkatkan kegunaan dan kenyamanan.
Jalan di depannya menjanjikan akan menggemparkan.
Apa yang Memenangkan Hari Ini?
Dengan kekuatan yang berbeda antara pendekatan desain, menyatakan pemenang langsung terbukti sulit. Aspirasi alami konvensional menawarkan kehalusan yang menyenangkan dan kegunaan yang mulus – namun tertinggal bagi mereka yang menginginkan performa mobil sport atau ekonomi hybrid terbaik. Induksi paksa menghasilkan daya dorong dinamit sekaligus menantang keandalan dan efisiensi. Mesin diesel berbicara tentang torsi dan mpg jika bukan kelebihan knalpot. Teknologi hibrida menjembatani kesenjangan lingkungan dan kesenangan meskipun dengan harga premium. Dan kendaraan listrik menunjukkan jalan ke depan, meskipun belum sepenuhnya terbukti mampu menggantikan kebutuhan ICE.
Seperti biasa, aplikasi adalah hal yang paling penting dalam menentukan teknologi apa yang paling sesuai dengan pelanggan tertentu. Namun dengan berkembangnya kemampuan di semua platform, konsumen pada akhirnya menjadi pihak yang diuntungkan karena inovasi memperluas kemungkinan bagi pembangun dan pembeli. Jalan di depan menawarkan perjalanan yang menarik, bagaimana pun Anda memilih untuk meningkatkannya!