Siapa pun yang menjalankan bisnis pasti tahu bahwa orang-orang yang bersemangat dan terampil adalah aset yang sama berharganya dengan peralatan atau perangkat lunak yang mahal. Itulah sebabnya begitu banyak upaya dilakukan untuk merekrut orang yang baik, tetapi ada dua tahap setelah itu yang sering kali diabaikan.
Salah satunya adalah mempertahankan orang-orang hebat di tim Anda, dan yang lainnya adalah mendapatkan yang terbaik dari mereka. Jadi, bagaimana Anda mendorong loyalitas dan motivasi yang dibutuhkan untuk mencapai hal ini?
Untungnya, kedua kualitas tersebut cenderung muncul bersamaan dan dapat dikembangkan menggunakan strategi yang sama. Berikut ini adalah beberapa saran paling berhasil yang dapat Anda coba.
- Cari dan dengarkan masukan – Ada dua tahap dalam hal ini. Yang pertama adalah membuat karyawan merasa nyaman memberikan masukan yang jujur. Kemudian, Anda harus menunjukkan bahwa Anda telah mendengarkan dan mempertimbangkannya, meskipun Anda memutuskan untuk tidak menerapkannya.
- Tunjukkan penghargaan – Pastikan pekerjaan yang baik mendapat penghargaan, baik yang dilakukan oleh tim maupun individu. Selain pujian verbal, penghargaan konkret seperti hadiah karyawan perusahaan dapat membuat orang merasa istimewa dan dihargai.
- Insentif – Salah satu metode yang paling terbukti dan terbukti untuk memaksimalkan kinerja karyawan Anda. Namun, ada pilihan lain selain bonus akhir tahun. Jika Anda belum melakukannya, pertimbangkan untuk menawarkan hari pribadi atau keanggotaan di pusat kebugaran atau program kebugaran, karena hal ini juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental karyawan Anda.
- Berdayakan karyawan Anda – Anda mungkin sudah tahu bahwa mengatur secara mendetail adalah hal yang buruk, tetapi melangkah lebih jauh dengan mendelegasikan tugas dan membiarkan orang mengerjakannya secara mandiri adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa mereka dapat dipercaya dan dihargai. Hal ini dapat sangat memotivasi.
- Tunjukkan dedikasi Anda – Loyalitas bukanlah tanpa syarat. Jika Anda ingin karyawan Anda setia kepada Anda, maka Anda harus setia kepada mereka. Mempromosikan karyawan Anda daripada mempekerjakan mereka untuk posisi yang lebih senior adalah cara yang baik untuk menunjukkan bahwa Anda berpihak kepada mereka.
- Bantu mereka berkembang dan tumbuh – Membantu karyawan Anda memperoleh kualifikasi profesional dan menghadiri pelatihan atau acara industri tidak hanya akan membantu bisnis Anda karena mereka akan tahu lebih banyak, tetapi juga karena mereka akan mengingat siapa yang membantu mereka berkembang.
- Jadilah manusia – Mungkin kiat terpenting dari semuanya. Ada kecenderungan untuk berpikir bahwa bersikap profesional atau seperti pebisnis berarti tidak simpatik dan berfokus pada uang. Mungkin ada waktu dan tempat untuk hal-hal tersebut, tetapi dalam jangka panjang, akan jauh lebih mudah untuk menyelesaikan sesuatu jika orang-orang menyukai Anda.
Melakukan aktivitas tim yang bukan proyek kerja atau bahkan sekadar mengobrol dengan orang-orang Anda tentang minat mereka dapat membantu membangun hubungan yang lebih dalam dengan karyawan Anda.